Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Lepat/lapek » Resep : Cara Membuat Lapek Ubi

Resep : Cara Membuat Lapek Ubi

(538 Views) November 1, 2018 1:03 am | Published by | No comment



Lapek ubi/lepat ubi menggunakan bahan utama singkong. Pada hari Rabu dan Sabtu, lapek ubi dapat ditemukan di pasar bawah Bukittinggi, dekat rel kereta api. Ada satu orang yang menjual bermacam-macam lapek. Cara membuat lapek ubi mudah.

Bahan lapek ubi

2 singkong ukuran sedang, parut dengan parutan yang halus. Parutan singkong yang kasar menyebabkan tekstur lapek ubi tidak sempurna, karena ada singkong yang belum matang atau setengah matang (berwarna putih). Tanda singkong matang sempurna, warnanya berubah menjadi bening (tidak berwarna putih).

Kelapa parut (dari 1/2 kelapa, ambil putihnya saja)

Gula aren atau saka (kira-kira 100 gr) atau sesuai selera. Saka atau gula aren dapat dipotong dadu atau dicairkan dengan sedikit air.

3 lembar daun pisang. Sebelum digunakan daun pisang harus dilayukan dengan cara dibakar di atas kompor. Gunakan api kecil, letakkan lembaran daun pisang di atas api, sampai berubah warna (layu), kemudian geser daun sedikit demi sedikit sampai semua daun layu. Bakar daun pisang secara hati-hati, agar tidak terbakar atau terlalu layu (tandanya daun mengerut).



lapek-singkong-dengan-parutan-kelapa-dan-gula-aren-atau-gula-saka-cemilan minang.

Cara membuat

  1. Campurkan singkong parut dengan kelapa parut sampai rata. Tambahkan potongan gula aren atau gula aren cair ke dalam adonan.
  2. Jika menggunakan gula aren cair, adonan agak sedikit cair, sehingga harus hati-hati pada saat membungkus, agar air gula aren yang bercampur dengan parutan singkong tidak keluar. Jika terlalu berair, buang airnya.
  3. Jika menggunakan potongan gula aren, tidak terlalu cair, masukkan 2-3 potongan gula aren pada saat membungkus lapek ubi. Pada saat dikukus, gula aren akan mencair karena panas.

Cara membungkus

  1. Robek daun pisang dengan lebar kira-kira 20 cm. Rapi dan ratakan ukuran daun, agar sama besar.
  2. Lap dengan sapu tangan kering dan bersih kedua sisinya (depan dan belakang).
  3. Letakkan 2-3 sendok makan adonan lapek ubi di tengah daun. Kemudian selipkan potongan dadu gula aren di bagian tengah (jika menggunakan potongan dadu gula aren). Atau sebar beberapa potong dadu gula aren ukuran kecil.
  4. Lipat daun pisang (dari arah kanan dan kiri) sampai menutupi adonan, kemudian sisa daun lipat ke bagian bawah lapek. Pastikan semua adonan terbungkus dengan rapi, tidak ada daun yang robek, agar tidak ada air gula aren yang menetes keluar.
  5. Kukus sampai matang.
  6. Sajikan dalam keadaan dingin.



No comment for Resep : Cara Membuat Lapek Ubi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *