Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Lepat/lapek » Resep : Lapek Sagan

Resep : Lapek Sagan

(294 Views) November 2, 2018 9:30 am | Published by | No comment



Lapek sagan (sagan dalam bahasa Minang bisa diartikan segan). Lapek ini tidak dijual di pasar, biasa saya temui di acara keluarga. Kakak sering membuat lapek sagan, bila ada acara keluarga besar, karena merupakan cemilan yang disuka oleh semua anggota keluarga.

Lapek sagan mengunakan kelapa dan mudah basi, oleh karena itu, jika membuat lapek sagan dalam jumlah banyak dan diperkirakan tidak akan habis dalam satu kali acara, maka dikukus setengah matang, didiamkan sampai panasnya hilang, kemudian masukkan ke dalam freezer. Ketika akan dimakan, lapek sagan yang ada di dalam freezer dikeluarkan, didiamkan beberapa saat, sampai dinginnya hilang, lalu dikukus lagi sampai matang. Perhatikan cara mengukus, agar lapek sagan tidak terlalu lembek.

Bahan lapek sagan

½ kg beras ketan, bersihkan, dan rendam selama 4 jam dengan air dingin. Hindari menggunakan air panas untuk merendam beras ketan, hasilnya tidak akan bagus.

2-3 sisir pisang raja atau pisang kepok (bahasa Minang, pisang batu). Pilih pisang raja yang matang sempurna, yang manis. Hancurkan dengan sendok garpu sampai halus. Jika menggunakan pisang raja, warna lapek sagan, saat matang, sedikit berwarna hitam, karena pisang raja berubah warna pada saat dikukus. Jika menggunakan pisang kepok akan berwarna putih, tapi tidak manis, perlu ditambahkan gula pasir.

Gula pasir secukupnya (jika diperlukan)

Kelapa parut dari 1 butir kelapa (ambil putihnya saja). Kelapa parut tidak perlu dikukus.



4 lembar daun pisang. Sebelum digunakan daun pisang harus dilayukan dengan cara dibakar di atas kompor. Caranya, gunakan api kecil, letakkan lembaran daun pisang di atas api, sampai daun berubah warna (layu), kemudian geser daun sedikit demi sedikit sampai semua daun layu secara merata. Layukan daun secara hati-hati, agar tidak terbakar atau terlalu layu (tandanya daun mengerut). Pisahkan daun yang berukuran besar dan kecil. Daun berukuran lebar 20 cm dan daun berukuran kecil dengan lebar kira-kira 5 cm.

Cara membuat

  1. Campurkan ½ kg gelas tepung beras ketan yang sudah direndam selama 4 jam dan pisang raja/pisang kepok yang sudah dihancurkan sampai halus secara merata. Pisang dapat ditambahkan jika ingin lebih manis.
  2. Tambahkan kelapa parut. Aduk sampai merata.
  3. Cicipi, jika sudah terasa manis, tidak perlu ditambahkan gula pasir. Tapi, jika kurang manis tambahkan gula pasir secukupnya.

Cara membungkus

Robek daun pisang dengan lebar kira-kira 20 cm (yang besar) dan daun pisang dengan lebar 5-8 cm (lebar kecil). Daun pisang yang kecil digunakan untuk menutupi lapek sagan bagian atas.

Lap semua daun dengan sapu tangan kering dan bersih, kedua sisinya (depan dan belakang).

Letakkan 1-2 sendok makan adonan lapek sagan persis di tengah daun yang besar (ukuran 20 cm), (jika terlalu besar bagian dalam lapek sagan tidak matang, 1-2 sendok makan cukup besarannya untuk 2-3 kali gigit)

Kemudian letakkan daun dengan lebar 5-8 cm di atas lapek sagan, sehingga tertutup dari atas.

Lipat bagian depan dan belakang dengan cara. 1) lipat bagian depan terlebih dahulu dengan melipat kanan dan kiri, kemudian sisa daun dilipat ke bawah lapek. 2 ). Lakukan hal yang sama pada sisi bagian belakang.

Kukus lapek sagan setengah matang, jika tidak segera dihidangkan.

Jika akan dihidangkan, dapat dikukus secara sempurna. Waktu pengukusan antara 30-34 menit.

Sajikan dalam keadaan dingin.



No comment for Resep : Lapek Sagan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *