Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Cemilan Basah » Goreng Pisang Raja dan Ketan (Goreng Pisang jo Katan)

Goreng Pisang Raja dan Ketan (Goreng Pisang jo Katan)

(233 Views) November 6, 2018 10:24 am | Published by | No comment



Beberapa orang teman membagikan foto warung khusus di Bukittinggi yang menyediakan goreng pisang raja dan ketan di whatapps group. Mereka mengirim foto sepiring besar pisang goreng dan beberapa piring kecil (untuk masing-masing pembeli) ketan yang sudah ditaburi kelapa parut di atas. Setiap orang bisa mengambil pisang sesuai keinginan. Ketan yang digunakan ketan merah.

Goreng pisang raja dan ketan merupakan makanan ringan yang disediakan di warung (lapau) atau makanan rumah. Saya jarang melihat warung khusus yang menyediakan goreng pisang raja dan ketan. Sepertinya, warung khusus yang menyediakan goreng pisang raja dan ketan yang dibagi di grup whatapps baru buka di Bukittinggi. Dalam foto, terlihat tumpukan pisang yang disusun rapi di atas rak. Di dekat rak terdapat kuali besar. Pisang akan digoreng jika sudah ada pembeli, sehingga pembeli dapat memakan pisang goreng dalam keadaan panas/hangat. Berbeda dengan pisang goreng yang ada di warung/lapau, pisang goreng yang tersedia sudah dingin. Selain itu, ketan yang digunakan ketan putih, tidak ketan merah.



katan jo goreng jo air kawa.cemilan minang.

Kenapa menggunakan pisang raja, bukan pisang kepok (disebut juga pisang batu)? Pisang raja lebih manis, apalagi jika disayat menjadi 2-3 bagian (seperti kipas), sehingga karamel pisang yang terletak di bagian tengah keluar dan terasa manis. Goreng pisang raja dan ketan disajikan untuk sarapan atau makanan ringan di sore hari, teman minum teh atau kopi. Pisang raja yang matang (sudah terasa manisnya) digoreng dengan tepung. Pemilihan pisang yang akan digoreng harus sempurna, jika belum matang, pisang terasa kelat. Sedangkan jika terlalu matang, pisang terlalu lunak.

Ketan yang digunakan ketan putih atau ketan hitam. Sebelum dimasak, ketan sebaiknya direndam dengan air dingin selama 2-3 jam, agar ketan menjadi lunak, setelah itu ketan dimasak dengan santan ditambah garam dan potongan daun pandan agar wangi.

Ketan yang dimakan dengan goreng pisang raja, sedikit keras dan ditabur parutan kelapa. Agar parutan kelapa lebih awet, tidak cepat basi, kukus sebelum dihidangkan. Parutan kelapa bisa bertahan beberapa jam. Cara memakan ketan dan pisang goreng dengan tangan, dimakan secara bersamaan.



No comment for Goreng Pisang Raja dan Ketan (Goreng Pisang jo Katan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *