Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Cemilan Basah » Penjual Bika di Jakarta dan di Bukittinggi

Penjual Bika di Jakarta dan di Bukittinggi

(212 Views) November 8, 2018 10:07 am | Published by | No comment



Bika, makanan dari adonan tepung beras dan kelapa, yang diletakkan di atas daun, dan dibakar di atas bara api. Tiap hari Rabu dan Sabtu, ada penjual bika di Pasar Atas Ngarai (Pasa Ateh Ngarai). Pembeli dapat melihat cara pembakaran bika. Penjual memasukkan adonan ke cetakan. Cetakan berupa lempengan pipih dari alumunium yang dilapisi daun. Cetakan diletakkan di atas bara api, sampai matang. Bika matang, segera diberikan ke pembeli, masih panas, cocok dengan udara Bukittinggi yang dingin. Bika sebaiknya dimakan hangat. Harga bika ukuran diameter 7-8 cm itu, Rp. 1.000. Biasanya saya menghabiskan dua bika, cukup mengenyangkan, karena terbuat dari tepung beras.

Penjual bika di Pasar Atas Ngarai, selalu berjual pada hari pakan (hari pasar) pada lokasi yang berbeda-beda, misalnya hari pakan di daerah Birugo, tiap hari Selasa dan Jumat, hari pakan di Pasar Atas Ngarai, tiap hari Rabu dan Sabtu. Penjual membawa ember berisi adonan bika, dan alat pembakar, berupa tunggu segi empat, di bawahnya diletakkan arang dari batok kelapa. Arang selalu menyala dan panas.



Bika yang terkenal Bika Si Mariana, di Koto Baru, di pinggir jalan Padang-Bukittinggi. Daerah kota baru terkenal dengan penjual bika, mereka berjualan di pinggir jalan. Bika Mariana hanya menyediakan 2 contoh bika yang ingin dibeli oleh pembeli, ukuran kecil dan ukuran besar. Ketika pembeli sudah menentukan pilihan, penjual akan segera membakar bika di atas tungku. Pembeli dapat melihat bika yang ia beli sedang dibakar. Bika dibakar di atas tungku dan menggunakan gerabah sebagai cetakan. Berbeda dengan cetakan penjual bika di pasar ateh ngarai yang mengunakan cetakan dari seng dan dilapisi daun.

Di Jakarta juga ada penjual bika, lokasinya terletak di dekat warung Soto Bang Karto di daerah Tanah Abang. Penjual menggunakan gerobak dorong. Harga bika Rp. 3.000, rasanya enak, saya suka membeli bika di sana. Jika tidak habis, bisa dimasukkan ke dalam kulkas dan dikukus pada saat mau dimakan.



No comment for Penjual Bika di Jakarta dan di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *