Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Cemilan Basah » Picai Sikai Dari Masa Ke Masa

Picai Sikai Dari Masa Ke Masa

(132 Views) November 9, 2018 7:42 am | Published by | No comment



Ada beberapa kuliner yang wajib saya kunjungi setiap pulang ke Bukittingi, salah satunya pical sikai yang terletak di panoraman. Saya tidak mau membeli pical sikai pada saat lebaran atau libur panjang, pasti penuh. Saya suka datang pada hari biasa dan setelah makan siang. Biasa pengunjung satu dua orang, atau malah saya sendiri, sehingga bisa mengobrol dengan penjualnya.

Pada hari itu saya menemukan lapek (lepat) nagasari dan agar-agar Padang (agar-agar santan dan gula merah) di dalam gelas. Pisang selalu tersedia, pada saat yang sama ada penjual pisang yang mengantar pisang untuk dijual di kedai Picai Sikai. Saya ingat penjual pisang itu, penjual pisang yang sama dengan penjual pisang di Pasar ateh ngarai.

Setelah makan, saya mengobrol dengan ibu penjual pical sikai. Menurut ibu itu, sejak generasi kedua (putra/putri Sikai), setiap dua minggu, keluarga yang menjual pical sikai bergantian. Jika yang mendapat giliran berjualan keluarga yang satu, maka ada tambahan mie kuning, tapi jika keluarga yang lain, tidak tersedia mie kuning. Mie kuning merupakan tambahan, karena mengganggap sebagian orang suka dengan mie.



pical sikai.cemilan minang.

“Apakah jenis makanan yang dijual dulu dan sekarang sama,” tanya saya lagi. Ia membenarkan, hampir sama. “Ini,” ia menunjuk panci tempat kuah kacang yang ada di atas meja. ini merupakan panci yang sama dengan yang difoto ( di dinding terdapat foto lama, seorang wanita muda yang berbaju putih sedang meracik pical, ia yang bernama Sikai). Cara menata sayuran sebelum disajikan ke pembeli masih sama, di atas nyiru yang dilapisi daun pisang. Jenis sayuran yang disajikan sama.

Tahun 2018 saya makan di pical sikai, tempat meletakkan sayuran di pindah ke sudut warung, sehingga saya tidak bisa menyaksikan pical diracik sambil duduk, kecuali jika saya sengaja berdiri untuk melihat. Dulu terletak di tengah warung, sehingga jika duduk di sisi kanan, kita akan berhadapan dengan sayuran dan dapat melihat dengan jelas, pical sikai diracik.



No comment for Picai Sikai Dari Masa Ke Masa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *