Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » cemilan lawas » Kacimuih Makanan dari Singkong Parut

Kacimuih Makanan dari Singkong Parut

(146 Views) November 10, 2018 1:22 am | Published by | No comment



Kacimuih merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong parut yang dikukus. Singkong kukus berbentuk serutan panjang ini ditaburi garam, kelapa parut, dan garam. Di Bukittinggi, kacimuih dapat ditemukan di pasar bawah, penjual kaki lima. Selain menjual kacimuih, penjual juga menjual makanan ringan lain, dengan bahan dasar singkong (misal tumbang). Cemilan ini mulai sulit ditemukan, hanya satu dua orang yang menjual makanan ini di Bukittinggi.

Cara membuat kacimuih mudah. Bahan baku yang digunakan mudah didapat, antara lain ; singkong, gula pasir , garam, dan kelapa parut.

Bahan

1 kg singkong, pilih singkong yang lunak, caranya dengan ditekan dengan ujung jari.
Kelapa parut dari 1 butir kelapa (pilih kelapa yang muda)
Garam secukupnya
Gula pasir, sesuai selera



kacimuih, tumbang.cemilan minang.

Cara membuat
1. Kupas singkong, caranya potong ujung singkong bagian atas dan bawah, iris tipis kulit sampai daging singkong. Setelah itu, buka kulit singkong secara perlahan dengan jari sampai terkelupas.
2. Semua singkong yang sudah dikelupas kulitnya, dibersihkan sampai bersih. Keringkan.
3. Parut singkong ; caranya gunakan parutan dengan ukuran besar 3-5 mm, parut memanjang, secara hati-hati, agar parutan singkong tidak terputus.
4. Singkong yang sudah diparut dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kecil, dengan ukuran sesuai selera, misal satu kelompok kecil dengan diameter 8-10 cm. Pengelompokkan singkong parut ini dilakukan, agar mudah dalam penyajian.
5. Masukkan ke dalam kukusan. Kukus sampai matang. Pastikan, parutan singkong matang dengan sempurna. Caranya, pijit singkong, jika parutan singkong masih keras, kukus lagi sampai singkong matang. Kukus kira-kira 10-15 menit.
6. Pindahkan parutan singkong yang sudah matang ke piring saji (di atas daun pisang), tunggu sampai dingin.
7. Pada saat hendak dimakan, taburi singkong dengan parutan kelapa, garam, dan gula pasir.
8. Agar tahan lama dan tidak cepat basi, parutan kelapa dikukus terlebih dahulu, biarkan dingin, tambahkan garam secukupnya.
9. Gula ditaburkan sesuai selera.

Sumber : Misda Taufik



No comment for Kacimuih Makanan dari Singkong Parut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *