Menu Click to open Menus
Home » cemilan kering » Karupuak Jangek

Karupuak Jangek

(88 Views) November 10, 2018 12:58 am | Published by | No comment



Karupuak Jangek, atau kerupuk kulit terbuat dari kulit sapi. Kulit sapi direbus, dibuang bulu-bulu halus yang menempel dikulitnya, diberi garam, dipotong-potong, dan dijemur sampai kering. Cara lain untuk menghilangkan bulu yang menempel pada kulit sapi, dengan membakar kulit, dan menghilangkan bulu yang terbakar dengan pisau.

Lalu apa apa beda kerupuk kulit (karupuak jangek) buatan Bukittinggi dengan kerupuk kulit yang saya temui di Jakarta. Kerupuk kulit Bukittinggi rasa garamnya terasa dan padat, sedangkan kerupuk kulit di Jakarta, rasa garam pada permukaan saja (sangat asin terasa di lidah, karena garam ditaburkan di permukaan), dan ringan. Selalu sulit menuliskan dalam bentuk kata-kata mengenai rasa makanan. Makanan harus dicoba dan dibandingkan, sehingga tahu perbedaannya.

Karupuak jangek yang sudah digoreng, siap saji, dapat ditemukan di restoran padang, warung, dan tempat penjual sate. Karupuak jangek, paling cocok dimakan dengan sate, dan sebagai cemilan.



kerupuk jangek ukuran kecil-1-2 cm.cemilan minang.

Kerupuk jangek dijual di belakang pasar atas dan di pasar bawah Bukittinggi, banyak ukuran yang ditawarkan, yang paling kecil 1-3 cm, yang besar (ada di penjual sate) lebar 4-5 cm dan panjang 15 cm. Ada berukukuran 4-5 cm. Karupuak jangek setelah digoreng hanya membesar sedikit, tidak seperti kerupuk udang yang bisa membesar dua – tiga kali lebih besar.

Di Jakarta, kerupuk jangek mentah dapat ditemui di Mesjid Sunda Kelapa, pasar dadakan setiap hari Minggu pagi, banyak penjual makanan khas Minang di sana, di pasar tradisional Pasar Senen dan Pasar Rawamangun.

Saya selalu membeli karupuak jangek langsung dari Bukittinggi. Jika persediaan habis, pesan ke saudara yang ada di sana. Setiap penjual karupuak jangek menjual karupuak dari produksi yang berbeda, dan rasanya berbeda sedikit, walau sama-sama enak. Saya suka membeli kerupuak jangek yang sedikit besar dan renyah, tapi mudah pecah jika dikirim.



No comment for Karupuak Jangek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *