Menu Click to open Menus
Home » minuman » Air Kawa (Air dari Daun Kopi) » Air Kawa (Air dari Daun Kopi)

Air Kawa (Air dari Daun Kopi)

(126 Views) Desember 11, 2018 2:21 am | Published by | No comment



Lima sampai tujuh tahun terakhir, booming minuman air kawa (aie kawa), air yang berasal dari seduhan daun kopi. Yang unik, air kawa disajikan dalam gelas yang terbuat dari tempurung kelapa. Selain itu, warung (lapau) tempat minum air kawa di pinggir sawah. Minum air kawa hangat ditemani dengan pisang raja goreng dan ketan, atau goring tahu, goreng singkong, dan bakwan.

Sewaktu makan siang di Ponggek Situjuah Bukittinggi, bukan yang di Batu Sangkar, saya melihat gelas dari tempurung kelapa, dan bertanya apakah menjual air kawa? Mereka menjawab ia, tapi saat saya datang tidak tersedia.

Air kawa terbuat dari daun kopi yang disangrai selama 12 jam, lalu diseduh dengan air mendidih, sebelumnya daun kering sangrai itu dicampur air dingin.

Seorang teman mengajak ke lapau yang menyediakan air kawa, terletak di pinggir kota Bukittingg. Lapau yang terbuat dari bambu dan bertingkat. Ada dua jenis minuman air kawa ; air kawa orisinil dan air kawa yang ditambah dengan susu. Saya mencoba kedua-duanya. Saya mencoba air kawa orisinil dengan sedikit gula pasir, rasa kopinya ringan, sangat ringan, tidak kental, bau kopinya juga tidak tajam. Air kawa dengan susu yang dominan rasa susu, susu kental manis, walau warna air kecoklatan, seperti susu coklat, tapi encer.



katan jo goreng jo air kawa.cemilan minang.

Pada acara Minangpreneur di Padang tahun 2017, saya menemukan produsen daun kawa yang menjual daun kawa dalam bentuk celup, seperti teh celup. Saya membeli 1 kotak dan menyoba menyeduhnya di rumah. Rasanya lebih enak dibanding air kawa yang saya beli di lapau di pinggir kota Bukittinggi itu. Tapi saya tidak menemukan daun kawa celup itu di toko-toko yang ada di Bukittinggi.

Beberapa tahun yang lalu, seorang pembaca jamgadang04.com pernah menanyakan apakah saya mengetahui tempat menjual tempurung tempat minum air kawa dalam jumlah besar. Sayang, saya tidak mengetahui tempat menjual tempurung itu. Saya kira tempurung untuk minum air kawa dibuat khusus, berdasarkan pesanan, karena bentuk tempurung di dua tempat yang saya temui berbeda-beda.



No comment for Air Kawa (Air dari Daun Kopi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *