Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Air Tawa Berwarna Hijau

Air Tawa Berwarna Hijau

(89 Views) Desember 11, 2018 3:27 am | Published by | No comment



Air tawa, air dari racikan daun kacang tujuh. Khasiat minum air tawa untuk mengobati
panas dalam. Penjual air tawa menjajakan air tawa dengan kereta dorong, dari sore hingga malam hari. Di dalam gerobak itu terdapat botol-botol berisi air berwarna hijau, air santan, air warna hitam (sambiloto), telur ayam, panci berisi cincau warna hijau, dan jeruk nipis. Botol yang berisi air berwarna hijau, santan, dan air warna hitam dijejer di depan gerobak. Panci berisi cincau terletak di bagian dalam, dekat penjual. Keranjang telur ayam kampung digantung.

Pembeli bisa memesan sesuai selera; air asam, air tawa santan, air yang berwarna hitam (sambiloto), biasa untuk obat, dan air tawa dengan kuning telur ayam kampung.

Saya lebih senang minum air asam. Penjual akan memasukkan cincau berwarna hijau ke dalam gelas, menambahkan air berwarna hijau, dan menambahkan perasan jeruk nipis. Air tawa santan, penjual akan memasukkan cincau, santan, air gula aren (agar manis), sedikit air hijau, dan tidak menggunakan perasan jeruk nipis.



Sedangkan bagi sebagian yang ingin minum air sambiloto, penjual akan menuangkan air berwarna hitam ke dalam gelas. Air tawa yang dicampur dengan kuning telur ayam kampung juga digunakan untuk kesehatan. Agar tak amis, kuning telur diberi perasan jeruk nipis, ditambah air hijau, dan cincau.

Penjual air tawa di Bukittinggi mangkal di pinggir jalan. Mereka berjualan secara terpencar, ada dua orang penjual air tawa di kampung cina (satu di dekat janjang minang, sedangkan yang satu di dekat toko Mekar), di stasiun bersebelahan dengan penjual roti bakar (di area ini banyak terdapat penjual makanan kaki lima pada sore-malam), dan di pasar bawah dan di pasar banto.

Tidak ada air tawa yang dijual di lapau, karena penjual air tawa hanya berjualan menggunakan gerobak.



No comment for Air Tawa Berwarna Hijau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *