Menu Click to open Menus
Home » minuman » Es Tebak Es Campur Ala Minang

Es Tebak Es Campur Ala Minang

(106 Views) Desember 11, 2018 3:34 am | Published by | No comment



Bagi sebagian orang ketika memakan es tebak, pasti mengira ini es campur biasa, tetapi ada yang khas dari es tebak yang tidak ditemukan pada es campur biasa. Tebak adalah komponen es berwarna putih terbuat dari tepung ketan dan tepung sagu, dicampur garam dan kapur sirih, dicetak seperti cendol.

Es tebak, dessert ala Bukittinggi, merupakan campuran cincau (hitam), tape ketan hitam, kolang-kaling, tebak, susu kental manis, serutan es, dan sirup warna merah. Sedangkan es campur biasa; isinya berupa cincau hitam, kolang-kaling, alpukat, melon, blewah, susu kental manis, dan serutan es batu. Di dalam es tebak tidak ditemukan campuran buah. Di dalam es campur, tidak ada “tebak” yang terbuat dari ketan dan tepung sagu itu.



es-tebak-di-pasar-atas-cemilan minang.

Dari semua bahan es tebak, rasa yang tajam dari tape ketan hitam, campuran rasa manis dan asam. Sedangkan kolang kaling, tebak dan cincau hitam tidak mempunyai rasa yang tajam. Untuk memberikan rasa manis dari susu dan sirup cair warna merah. Sirup berfungsi untuk memberikan warna merah muda pada es tebak.

Di Bukittinggi, es tebak dapat ditemukan di pasar atas, dekat penjual sate Padang. Penjual es tebak menjual dagangannya dengan menggunakan kereta dorong. Semua bahan yang menjadi campuran diletakkan di dalam botol kaca dan dipajang di depan pembeli. Jika pembeli memesan es tebak, penjual akan memasukkan semua isi ke dalam mangkuk dan menambahkan serutan es batu di atasnya. Setelah itu, menambahkan susu kental manis dan sirup berwarna merah di atas serutan es batu.

Selain menggunakan kereta dorong, ada es tebak dapat ditemukan di lapau, menyatu dengan menu lapau lainnya ; teh talua, bubur kacang hijau, ketan hitam, dan cemilan berupa goreng-gorengan.



No comment for Es Tebak Es Campur Ala Minang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *