Menu Click to open Menus
Home » Cemilan Kerupuk Singkong » Karupuak Sanjai Katam

Karupuak Sanjai Katam

(172 Views) Desember 11, 2018 3:32 am | Published by | No comment



Kerupuak sanjai dibuat dalam berbagai bentuk dan rasa. Rasa didapat dari tambahan bahan lain, misal balado (cabe merah dan cabe hijau), ada rasa dan aroma duren, kunyit dan seledri, atau rasa orisinal (gurih dan garam). Sedangkan dalam sisi bentuk, sanjai ada yang berbentuk panjang-panjang (bentuk ini mulai jarang dijual, padahal bentuk ini merupakan sanjai khas Padang), berbentuk dadu, bentuk lidi, bentuk bulat, dan bentuk kecil-kecil dan halus.

Karupuak sanjai katam berarti karupuak sanjai yang dipotong dengan cara menyerut singkong dengan sangat tipis, karena terlalu tipis, sehingga menjadi patah-patah dan sebagian jadi hancur. Apakah singkong yang dibuat karupuak sanjai dipotong tidak dengan diserut? Ia, agar cepat, singkong yang dibuat untuk karupuak sanjai dipotong dengan cara diserut, agar ukurannya sama dan pengerjaannya lebih cepat.



Ada toko karupuak sanjai di Bukittinggi yang pengerjaannya dapat dilihat oleh pembeli. Pekerja menyerut singkong yang telah dibersihkan dan hasil serutan langsung masuk ke dalam kuali, langsung digoreng.

Karupuak sanjai katam merupakan sanjai yang dipotong sangat tipis dan hanya dibalur dengan kunyit dan campuran seledri goreng. Rasa dan wangi seledri goreng sangat mendominasi karupuak katam ini. Saya membeli karupuak katam di pasar bawah dengan harga Rp. 20.000 /setengah kilo. Karupuak ini sangat berminyak, sehingga jika ingin dibawa harus dilapisi dengan beberapa kantong plastic agar minyaknya tidak berceceran.

Karupuak katam dapat dimakan sebagai cemilan atau menjadi tambahan untuk makan lontong sayur. Karupuak ini masih garing, walau sudah dibeli 1 bulan lebih, asal tutup toples rapat. Jika sedikit melempem, dimasukkan ke dalam kulkas agar kembali garing.



No comment for Karupuak Sanjai Katam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *