Menu Click to open Menus
Home » Cemilan Basah » Pisang Kapik Seperti Pisang Gapit Atau Pisang Epe » Pisang Kapik Seperti Pisang Gapit Atau Pisang Epe

Pisang Kapik Seperti Pisang Gapit Atau Pisang Epe

(171 Views) Desember 11, 2018 3:19 am | Published by | No comment



Pisang Kapik, kapik artinya dijepit dalam bahasa Minang. Pisang kapik, pisang yang dijepit sampai pipih. Menu pisang kapik dari Bukittinggi ini mirip seperti pisang epe dari makasar atau pisang gapit dari Kalimantan. Pisang sama-sama dibakar lalu dipipihkan. Pisang yang digunakan sama, pisang kepok. Perbedaannya, pisang kapik yang di Bukittinggi, setelah dipanggang dijepit sampai tipis dan ditaburi dengan kelapa parut dicampur gula merah (saka) dari Lawang. Sebelum dijepit dengan mengunakan dua kayu, di antara kedua kayu dilapis daun pisang (agar pisang tidak lengket ke papan penjempit). Sedangkan pisang epe dan pisang gapit, hanya dijepit sedikit (tidak setipis pisang kapik di Bukittinggi) dan ditaburi dengan topping coklat dan keju.

Penjual pisang kapik ada di pasar atas di dekat janjang 40, kadang berjualan, kadang tidak. Penjual pisang kapik biasa berjualan pada hari libur dan tanggal merah, karena wisatawan banyak di Bukittinggi.

Saya terakhir membeli Rp. 4.000, satu pisang. Pisang kepok dibakar di atas arang dan disajikan di atas lembaran daun. Jika membeli dua atau tiga pisang, penjual akan menumpuk pisang menjadi satu, kemudian di bagian atas ditaburi kelapa parut dan gula merah.



pisang kapik.cemilan minang.

Pisang kepok yang digunakan pisang yang matang sempurna. Saya pernah menemukan pisang kapik yang sebagian keras, sebagian lunak, kemungkinan pisang tidak matang sempurna, atau ada bagian pisang yang masih keras. Kadang ada bagian pisang yang hangus, saya tidak pernah makan bagian yang hangus. Pisang kapik enak dimakan selagi hangat, karena menggunakan kelapa parut, pisang harus segera habis, agar tidak basi.



No comment for Pisang Kapik Seperti Pisang Gapit Atau Pisang Epe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *