Menu Click to open Menus
Home » Lepat/lapek » Resep : Lepat Jagung (Lapek Jaguang)

Resep : Lepat Jagung (Lapek Jaguang)

(111 Views) Desember 11, 2018 12:59 am | Published by | No comment



Saya menemukan dua penjual lapek jaguang di pasar Lereng Bukittinggi dan di toko serba jagung di daerah Payakumbuh. Toko serba jagung menjual makanan dengan bahan dasar jagung, misal lapek jagung, agar-agar jagung, roti jagung, kripik jagung, dan jus jagung. Lapek jagung di toko serba jagung dibungkus dengan daun jagung (berwarna kuning keemasan), sedangkan lapek jagung di pasar lereng Bukittinggi dibungkus dengan daun pisang.

Di pasar bawah Bukittinggi, lapek Jaguang dapat ditemukan di dekat jalan kereta, di area itu ada seorang penjual lapek (lepat) yang menjual bermacam-macam lepat. Ia berjualan tiap hari Rabu dan Sabtu.



lapek jaguang. lepat jagung.cemilan minang.

Bahan lapek jagung

3 jagung manis diparut (kira-kira menjadi 1 gelas)
Parutan kelapa (dari ½ kelapa, ambil bagian yang putih)
Gula pasir secukupnya
2 gelas tepung beras
3 lembar daun pisang.

Sebelum digunakan daun pisang harus dilayukan dengan cara dibakar di atas kompor. Caranya, gunakan api kecil, letakkan lembaran daun pisang di atas api, sampai berubah warna (layu), kemudian geser daun sedikit demi sedikit sampai semua daun layu. Layukan daun secara hati-hati, agar tidak terbakar atau terlalu layu (tandanya daun mengerut).

Cara membuat

Cuci bersih jagung, lalu parut, gunakan parutan yang halus, agar hasil parutan tidak terlalu berserat dan halus. Tambahkan parutan kelapa dan tepung beras. Kemudian tambahkan gula pasir secukupnya. Bungkus dengan daun pisang yang sudah dilayukan.

Cara membungkus

Robek daun pisang dengan lebar kira-kira 15 cm.
Lap dengan sapu tangan kering dan bersih kedua sisinya (depan dan belakang).
Bungkus lapek jagung ada 2 macam ;
1. Masukkan adonan lapek jagung di bagian tengah, lalu lipat sisi kanan dan sisi kiri, semat dengan lidi di bagian tengah (ukuran lebar daun kira-kira 15 cm).
2. Masukkan adonan lapek jagung di bagian tengah, gulung sisi kanan dan sisi kiri daun pisang dan sisa daun dilipat ke bagian bawah lapek (ukuran lebar daun kira-kira 20 cm).
Kukus lapek jagung sampai matang
Disajikan dingin.



No comment for Resep : Lepat Jagung (Lapek Jaguang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *