Menu Click to open Menus
Home » minuman » Teh Talua (Teh Telur) Minuman Khas Minang

Teh Talua (Teh Telur) Minuman Khas Minang

(104 Views) Desember 11, 2018 2:14 am | Published by | No comment



Salah satu menu yang disajikan di lapau (tempat istirahat setelah bekerja dan tempat berkumpul laki-laki Minang, yang hanya menyajikan minuman dan makanan ringan –cemilan-) adalah teh talua. Teh talua merupakan mimunan yang selalu ada di lapau, selain kopi dan teh. Walau air kawa sudah menjadi tren 5-8 tahun terakhir, tapi tidak semua lapau menyediakan air kawa.

Teh talua terdiri dari ayam kampung (hanya kuning telur yang digunakan), gula pasir, diaduk sampai berwarna putih, tambahkan jeruk nipis (untuk menghilangkan bau/rasa amis) dan seduh dengan air teh panas, sehingga busanya meluap keluar dari bibir gelas. Untuk itu, gelas teh talua diletakkan di atas tatakan. Air teh talua yang meluap ke tatakan dihirup.

Ada beberapa tambahan untuk menambah rasa, bisa ditambah susu, pinang muda yang dihancurkan dan diambil airnya, dan serbuk kayu manis.



teh talua.cemilan minang.

Jika diperhatikan ada 3 lapisan di dalam gelas ; paling atas (buih), lapisan ke-2 berwarna coklat dan rasanya manis, dan terakhir, lapisan bawah gelas, warna putih. Teh talua diminum sedikit-sedikit, sambil mengobrol di warung. Jarang (tidak ada), wanita duduk di warung sambil mengobrol dan minum teh talua, biasanya bapak-bapak.

Saya ingin merasakan teh talua di lapau yang terletak di pasar bawah dekat Surau Gonjong, saya menjadi sungkan karena di warung itu, pembeli wanita hanya saya dan etek yang menemani. Rasa teh talua di lapau itu sungguh istimewa, kental, berat, dan tidak terlalu manis.

Rasa teh talua berbeda dari cara mengocok telur dan gula. Jika telur dikocok dengan mixer, rasanya akan terasa lebih ringan, sedangkan dikocok dengan lidi/garpu, rasanya akan terasa sedikit berat.

Lokasi Penjual Teh Talua :
Teh talua dapat ditemukan di lapau Pisang Panggang H.Zen di depan jam gadang.
Lapau di sebelah surau gonjong, di pasar bawah.
Lapau di pasar atas.



No comment for Teh Talua (Teh Telur) Minuman Khas Minang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *