Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Uncategorized » 3 Jenis Karupuak Jangek (Kerupuk Kulit Khas Minang)

3 Jenis Karupuak Jangek (Kerupuk Kulit Khas Minang)

(136 Views) Desember 27, 2018 4:07 am | Published by | No comment



Karupuak jangek (kerupuk kulit) adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi dan kulit kerbau. Di Bukittinggi, ada bermacam-macam karupuak jangek ; dari segi bentuk dan bahan dasar karupuak jangek.

Di dalam tulisan ini akan dibahas,karupuak jangek berdasarkan bahan dasar pembuatan.

1. Karupuak jangek yang berasal dari kulit kerbau.
2. Karupuak jangek yang berasal dari kulit sapi.
3. Karupuak jangek yang berasal dari perut sapi.

Bagaimana membedakan karupuak jangek yang berasal dari kulit kerbau, kulit sapi, dan perut sapi? Sekilas kerupuk jangek yang terbuat dari kulit sapi dan kulit kerbau terlihat sama. Sedangkan, karupuak jangek yang berasal dari perut sapi, bentuknya jelas beda dengan karupuak yang berasal dari kulit kerbau dan sapi.



kerupuk-jangek-dari-bagian-perut-sapi

Karupuak jangek yang terbuat dari kulit sapi lebih bersih, ringan, dan warnanya tidak terlalu coklat, sedangkan karupuak jangek dari kulit kerbau berwarna lebih coklat, tebal, dan agak berat. Bentuk potongan kulit kerbau dan kulit sapi sama, tergantung potongan yang diinginkan. Penjual di Bukittinggi tidak menawarkan pembeli untuk memilih, apakah mereka akan membeli karupuak jangek dari kerbau atau dari sapi. Karupuak yang ditawarkan biasanya karupuak jangek dari sapi. Jika karupuak jangek dari kerbau, ada tulisan di dekat karupuak itu.

kerupuk-jangek-sapi-dan-kerbau

Karupuak jangek dari perut sapi berbentuk tidak beraturan, tidak seperti karupuak jangek dari kulit sapi dan kulit kerbau yang berbentuk kotak-kotak kecil dan dan kotak-kotak besar (bentuknya teratur). Warna karupuak jangek dari bagian perut sapi, sebagian berwarna coklat tua, sedangkan bagian yang lain coklat muda. Jika digoreng, sebagian mengembang sebagian tidak, tapi tetap garing.

Karupuak jangek dari bagian perut sapi ini tidak sebanyak karupuak dari kulit sapi. Sebagian karupuak jangek dari bagian perut ini dapat ditemukan di pasar bawah Bukittinggi. Rasanya lebih ringan dan lunak dibandingkan dengan karupuak jangek dari kulit sapi. Karupuak jangek dari perut sapi, jarang digunakan untuk camilan, lebih enak menjadi teman makan soto Padang.



No comment for 3 Jenis Karupuak Jangek (Kerupuk Kulit Khas Minang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *