Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Cemilan Basah » Bihun Goreng Di Pasar Pabukoan Bukitinggi » Bihun Goreng Di Pasar Pabukoan Bukitinggi

Bihun Goreng Di Pasar Pabukoan Bukitinggi

(106 Views) Februari 4, 2019 9:50 am | Published by | No comment

Setiap pulang ke Bukittinggi pada bulan Ramadhan, saya selalu membeli bihun goreng dan kerupuk baso balado. Penjual bihun goreng berbeda dengan penjual karupuak baso balado. Bihun goreng diletakkan di atas karupuak baso balodo, sehingga satu gigitan sekaligus bihun dan karupuak.

Penjual bihun goreng hanya saya temukan di pasar pabukoan Bukittinggi. Saya sudah tanya dimana ia berjualan, ia tidak berjualan di Bukittinggi tapi di Padang Luar.



Bihun-goreng.camilan-minang

Di pasar pabukoan itu ada beberapa orang yang menjual bihun goreng, tapi yang selalu saya beli, penjual yang hanya menjual bihun dan mie goreng saja. Ia hanya menjual 2 jenis menu ; bihun goreng dan mie goreng. Ada 2-3 penjual yang wajahnya mirip, sepertinya mereka masih satu keluarga (kakak-adik). Dulu saya pernah membeli bihun goreng itu ke ibu mereka. Ibunya berjualan di pasar lereng, karena hanya membawa satu katidiang (wadah yang terbuat dari bamboo) bihun, ia berjualan di satu tempat, jika berpindah, sulit menemukannya.

Pada bulan Ramadhan, bihun dan mie goreng sudah dijual dalam bungkus daun pisang kecil dengan harga Rp. 3.000 dan Rp. 5.000, tapi masih ada bihun dan mie goreng di dalam katidiang besar. Pembeli dapat membeli sesuai kebutuhan.

Jika membeli dengan harga Rp. 5.000, penjual akan memasukkan bihun ke dalam bungkus daun pisang, menuangkan sedikit kuah dari dalam botol, dan menambahkan kerupuk merah di atasnya. Kerupuk merah khas Minang, berwarna merah muda dan lebih tipis. Sesampai di rumah, kerupuk merah sudah layu. Bihun masih tahan sampai sahur, tapi setelah itu, rasanya sedikit asam.



No comment for Bihun Goreng Di Pasar Pabukoan Bukitinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *