Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Cemilan Kerupuk Singkong » Karak Kaliang Lanting Khas Minang

Karak Kaliang Lanting Khas Minang

(223 Views) Februari 4, 2019 10:16 am | Published by | No comment

Karak kaliang dan lanting (camilan dari Jawa) mempunyai bentuk yang sama, seperti angka 8. Ada beberapa perbedaan mendasar antara karak kaliang dan lanting. Karak kaliang berwarna kuning tua atau kuning muda. Ada sebagian karak kaliang yang ukuran besar (panjang 8 cm) ada yang berukuran lebih kecil (panjang 4 cm). Lanting bisa mempuyai warna yang bermacam-macam ; putih, merah, kuning tua, dan ukurannya kecil (panjang 3 cm).



sanjai-karak-kaliang

Karak kaliang dapat ditemukan di pasar ateh ngarai, pasar bawah, dan pasar atas (khusus menjual oleh-oleh). Karak kaliang dijual dalam plastic besar, pembeli dapat membeli sesuai kebutuhan, 1 kg, setengah kg, atau seperempat kg. Sebelum membeli, pembeli dapat mencoba karak kaliang terlebih dahulu, dengan cara mematahkan karak kaliang dengan tangan dan memakannya.

Karak kaliang yang renyah dan garing, mudah pada saat dipatahkan. Sedangkan karak kaliang yang keras, akan sulit dipatahkan. Jika membeli di toko oleh-oleh, karak kaliang tidak bisa dicoba, karena sudah dibungkus dalam plastic-plastik kecil ukuran seperempat dan setengah kilo gram.

Untuk karak kaliang dalam ukuran besar, untuk menentukan apakah renyah dan garing, cukup dengan melihat tampilan luarnya. Karak kaliang yang renyah pori-porinya lebih terbuka dan ada bagian yang retak saat digoreng. Karak kaliang yang keras, pori-porinya tertutup, tapi tidak selalu pori-pori yang tertutup dan bentuknya rapi, tidak garing dan renyah.

Selain renyah dan garing, karak kaliang hanya punya satu rasa, gurih. Karak kaliang terbuat dari singkong dan diberi bumbu. Warna karak kaliang yang kekuning-kuningan karena ada tambahan kunyit. Setelah dibentuk angka 8 dengan menggunakan tangan, karak kaliang digoreng. Karak kaliang yang renyah dan garing biasanya mengandung sedikit minyak di dalamnya.



Related posts:

No comment for Karak Kaliang Lanting Khas Minang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *