Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Cemilan Basah » Katupek Gulai Paku (Ketupat dengan Gulai Pakis) » Katupek Gulai Paku (Ketupat dengan Gulai Pakis)

Katupek Gulai Paku (Ketupat dengan Gulai Pakis)

(150 Views) Februari 4, 2019 10:07 am | Published by | No comment

Setiap ke Bukittinggi, saya selalu membeli Katupek Gulai Paku (gulai pakis), ketupat gulai pakis. lokasi penjual katupek gulai paku ini terletak di pasar ateh ngarai, di depan gang (jalur pejalan kaki/motor, tidak masuk kendaraan roda empat).



bubua-samba-gulai-paku.camilan-minang.

Lontong dengan sayur gulai pakis jarang ada di Bukittinggi. Biasa, bubua samba dengan gulai nangka, buncis, dan gulai kapau. Menurut, etek (tante), gulai paku merupakan masakan khas orang Padang Pariaman. Benar, penjual gulai paku berasal dari Pariaman.

Sayur pakis muda dimasak dengan santan, ditambah cabe rawit, rasanya pedas. Tidak ada campuran sayur lain, hanya sayur pakis. Gulai paku ini dimakan dengan ketupat, tidak dengan bubua samba. Bubua samba, beras yang dimasak dengan air yang banyak dan api kecil, sambil diaduk-aduk. Setelah matang didiamkan sampai dingin dan mengeras, lalu dipotong-potong.

Selain untuk sarapan, gulai pakis dapat juga dijadikan masakan rumahan. Di pasar bawah Bukittinggi, ada beberapa orang yang menjual sayur pakis, tidak banyak. Sayur pakis yang baik digunakan untuk sayuran, yang batangnya lunak (daun muda), tidak keras, biasa batang muda, jika dicubit akan terasa sayur lunak.



No comment for Katupek Gulai Paku (Ketupat dengan Gulai Pakis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *