Menu Click to open Menus
Home » Cemilan Basah » Kue Inang-Inang Pancake Diberi Kuah Santan » Kue Inang-Inang Pancake Diberi Kuah Santan

Kue Inang-Inang Pancake Diberi Kuah Santan

(98 Views) Februari 4, 2019 10:09 am | Published by | No comment

Kue inang-inang seperti pancake, hanya diberi kuah santan. Tepung terigu, santan cair, dan 1 butir telur diaduk rata. Adonan ini dimasak di atas Teflon datar atau di atas kuali dengan cara membalik-balikan kuali agar lapisan kue tipis dan lebar. Tapi, cara ini tetap saja menyebabkan bagian tengah kue lebih tebal dibanding di bagian pinggir. Setelah matang diangkat dan digulung. Rasa kue inang-inang tidak manis, hambar. Untuk itu dimakan dengan kuah santan.



kue inang-inang

Kuah santan terbuat dari santan dimasak dengan gula merah (saka lawang atau gula anau), agar warna kuah menjadi kecoklatan dan mempunyai rasa yang manis, dimasak sampai mendidih dan tambahkan daun pandan atau vanilla.

Kue inang-inang tidak dijual di pasar atau di lapau (warung khas Minang). Kue ini merupakan masakan rumahan. Kadang-kadang, saudara sepupu saya menjual kue inang-inang di depan rumah pada saat bulan Ramadhan. Ia membungkus kue inang-inang, terpisah dari kuah, agar kuah santan tidak menyerap ke dalam kue. Jika kuah santan menyerap ke dalam kue, kue akan mengembang dan rasanya tidak terlalu enak.

Kue inang-inang sengaja tidak dipotong kecil-kecil agar gulungannya tetap rapi. Pada saat penyajian, masukkan 2-3 gulung kue inang-inang ke dalam piring, lalu tambahkan kuah secukupnya. Potong kecil-kecil pada saat dimakan bersama kuah santan.



No comment for Kue Inang-Inang Pancake Diberi Kuah Santan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *