Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » cemilan kering » Kue Sarang Burung » Kue Sarang Burung

Kue Sarang Burung

(98 Views) Februari 4, 2019 10:11 am | Published by | No comment

Kue sarang burung terbuat dari ubi jalar yang diparut sangat halus, dibentuk, digoreng, dan dilumuri gula merah (gula saka dari lawang, atau gula anau). Kue ini garing, manis, dan berwarna coklat tua yang berasal dari gula merah. Bentuknya bermacam-macam, ada yang diparut sangat halus, dibentuk bulat melebar dan dilipat. Tapi, jika parutan ubi jalarnya lebih kasar, maka dibentuk seperti mangkok kecil.

Rasa kue sarang burung manis dan masih terasa ubi jalar gorengnya, dijual di dalam kemasan plastic, agar tetap garing dan tidak layu.



Kue sarang burung dapat ditemukan di toko oleh-oleh di Bukittinggi, di penjual kaki lima yang khusus menjual camilan (di belakang pasar Bukittinggi). Setiap hari Rabu dan Sabtu, ada penjual camilan yang berjualan di pasar bawah. Mereka hanya membuka lapak dari pagi (8:00 WIB) sampai pukul 14:00 WIB. Camilan kue sarang burung masih baru, dibeli atau dititipkan oleh produsen yang memproduksi camilan hanya setiap hari Selasa atau Kamis, agar bisa dijual pada hari Rabu dan Sabtu.

Di pasar bawah Bukittinggi, bentuk kue sarang burung bermacam-macam, ada yang berbentuk yang sangat lebar, sebesar piring, dan kalau dimakan harus dipotong-potong terlebih dahulu. Garing dan halus, sehingga pada saat dipotong menimbulkan remah. Kue sebesar ini tidak dapat dimakan oleh satu orang, mungkin digunakan sebagai kue adat.

Tapi ada yang berbentuk kecil, dan sering dijual di warung-warung, ukuran kue diameter 8 cm, dan tebal 2-3 cm. Kue dibungkus di dalam plastic kecil dan dimasukkan ke dalam toples. Parutan kue sarang burung ini lebih kasar, dibandingkan dengan kue sarang burung berbentuk lebar dan besar.



No comment for Kue Sarang Burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *