Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » cemilan kering » Sagun Bakar » Sagun Bakar

Sagun Bakar

(139 Views) Februari 4, 2019 9:56 am | Published by | No comment

Sagun bakar terbuat dari tepung tapioka, gula, dan kelapa parut. Semua bahan diaduk rata, dicetak, dan dibakar. Jika masih baru, agak keras dan mudah dipatahkan. Jika terkena angin dan sudah lama, menjadi lunak. Sagun bakar ini, camilan yang tahan lama, asal disimpan dalam toples kedap udara. Warna sagun bakar berwarna putih, berasal dari tepung tapioca. Kelapa parutnya terasa walau diparut sangat halus, dan manis.



sagun-bakar-atlanta

Ada dua jenis bentuk sagun bakar, pertama berbentuk persegi panjang tipis dan berbentuk motif. Motif bunga dan daun dengan motif berbeda-beda. Sagun bakar yang berbentuk panjang tipis mempunyai ukuran ; lebar 2 cm, panjang 4-5 cm, dan tebal 3 mm. Sedangkan sagun bakar berbentuk bunga dan daun lebih tebal, kira-kira 5 mm, dan ukuran besarnya antara 3-5 cm. Kedua jenis bentuk sagun bakar ini dapat ditemukan di toko oleh-oleh di Bukittinggi.

Motif bunga dan daun dengan motif berbeda-beda dibentuk dari cetakan kayu. Adonan dimasukkan ke dalam cetakan, dipadatkan dan dikeluarkan dari cetakan, lalu dipanggang. Di pasar lereng Bukittinggi, terdapat cetakan kayu untuk sagun bakar.

Sagun bakar merupakan camilan rumahan, dan merupakan salah satu camilan yang disuguhkan di rumah, selain kue kamaloyang dan kue sapik, pada saat Lebaran.

sagun-bakar-saisuak-toko-budiman



Harga satu bungkus sagun bakar antara Rp.19.000 – Rp 22.000, tergantung ukuran besar kecil bungkusnya. Sagun bakar dibungkus plastik yang agak tebal, sehingga tidak mudah terkena angin.

Saya pernah mendapat oleh-oleh dari Jepang, saya yakin sagun bakar, tapi bentuknya kecil-kecil berwarna merah tua, hijau, dan merah muda. Ukuran satu potong sagun bakar, kira-kira 1-1.5cm, kecil, dan diletakkan dalam kotak yang dilapisi dengan kertas bergambar.

Bentuk sagun bakarnya sangat menarik, kecil, berbentuk bunga dan daun, berwarna pastel, dan diletakkan di dalam kotak. Terkesan mewah dan bernilai. Soal rasa? Tidak terlalu manis, dan biasa saja.



No comment for Sagun Bakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *