Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Cemilan Basah » Sate Padang Kuah Kuning » Sate Padang Kuah Kuning

Sate Padang Kuah Kuning

(92 Views) Februari 4, 2019 10:02 am | Published by | No comment

Sate Padang yang dikenal dan sering dijual sate padang kuah kuning dan agak kental. Ada satu lagi jenis sate Padang kuah merah dan kental. Sate Padang kuah merah dan kental biasa dijual oleh orang dari Nagari Padang Pariaman. Sedangkan, sate Padang kuah kuning, selain orang dari Padang Pariaman, walau ada juga orang dari Nagari Padang Pariaman yang menjual sate padang kuah kuning. Apakah berbeda sate Padang kuah kuning dan kuah merah? Tidak ada perbedaan rasa secara signifikan, hanya berbeda warna saja.

Sate Padang terdiri dari ketupat dan daging sapi. Tapi, tidak hanya daging sapi, ada lidah, jantung, dan usus. Saya paling suka lidah, jantung, dan daging. Tidak semua penjual sate Padang menjual lidah, jantung, dan usus. Jika ada, maka mereka akan memisahkan antara tusukan sate yang hanya terdiri daging saja, dan tusukan sate yang terdiri dari campuran, lidah, jantung, dan usus. Setiap pembeli mempunyai selera yang berbeda-beda, tidak semua suka dengan lidah, jantung, dan usus.



sate-padang-kuah-kuning

Selain kuah kuning dan kuah merah, ada sate Padang yang terbuat dari kuah kacang. Di Bukittinggi, dulu ada satu penjual sate yang menggunakan kuah kacang, tapi sekarang saya tidak menemukan lagi. Sebagian besar, penjual sate Padang di Bukittinggi, menggunakan kuah kuning, tidak ada yang menggunakan kuah berwarna merah.

Sate Padang harus dimakan selagi hangat, jika sudah dingin, maka kuahnya akan mencair, dan rasanya tidak terlalu enak. Jika dibawa pulang, pisahkan antara kuah dan ketupat/daging. Kuah dimasukkan ke dalam plastik, atau diselipkan di antara daun. Jika terpisah, kuah kuning, akan tetap kental, dan tidak akan mencair, tapi jika sudah bercampur dengan ketupat dan daging, kuah mudah mencair.

Sate Padang dimakan dengan kerupuk kulit. Ada dua jenis kerupuk kulit untuk sate Padang, pertama kerupuk kulit (karupuak jangek) dengan ukuran kecil (2-3 cm), ada lagi karupuak jangek dengan ukuran panjang, 15 cm. Kuah sate padang juga dapat dimakan dengan karupuak kamang yang lebar.



No comment for Sate Padang Kuah Kuning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *