Menu Click to open Menus
Home » Cemilan Basah » 3 Macam Sate Padang (Sate Padang Panjang » 3 Macam Sate Padang (Sate Padang Panjang, Sate Padang Pariaman, Sate Kacang)

3 Macam Sate Padang (Sate Padang Panjang, Sate Padang Pariaman, Sate Kacang)

(58 Views) Maret 21, 2019 6:54 am | Published by | No comment

Jika menyebut sate padang, maka yang terbayang adalah sate dengan kuah kuning, ketupat, dan beberapa tusuk daging. Sate padang disajikan di atas daun pisang. Kuah kuning sate harus hangat, tidak ada sate padang dengan kuah yang dingin.

Sate padang yang dibeli di pedagang kaki lima, di pinggir jalan, daging sate akan segera dibakar ketika ada pembeli. Pembeli dapat memilih sate yang ia inginkan ; daging, lidah, usus, dan jantung sapi. Sedangkan, sate padang yang dibeli di rumah makan padang yang berpendingin udara dan tidak memungkinkan untuk membakar daging sate pada saat pembeli memesan, maka daging sate yang tersaji sudah dibakar terlebih dahulu, tetapi kuah kuning sate tetap hangat.



Sate padang terdiri dari tiga macam ; sate padang kuah kuning, sate padang kuah merah, dan sate padang kuah kacang. Sate padang kuah kuning lebih sering ditemui dibandingkan dengan sate padang kuah dan sate kacang. Sate padang kuah kuning yang terkenal sate padang panjang. Padang panjang merupakan nagari yang terletak di antara kota Padang dan Bukittinggi. Daging sate padang panjang sebagian bercampur dengan lemak dan potongan dagingnya lebih besar.

Sate padang pariaman kuahnya berwarna merah (kecoklatan), tidak berwarna kuning. Sate ini khas dari nagari pariaman. Sate Ajo ramon, sate padang pariaman yang terkenal di Jakarta, warna kuahnya tidak kuning, tapi agak kecoklatan.

Sate kacang (kuah dari kacang tanah) dari Minang berbeda dengan sate kacang khas Madura. Sate kacang dari Minang kuah kacangnya tidak terlalu kental, agak sedikit encer, dan butiran kacang agak kasar. Saya makan sate kacang di Bukittinggi, tidak banyak penjual sate kacang. Kuah kacang hangat dan ditambahkan jeruk nipis.



No comment for 3 Macam Sate Padang (Sate Padang Panjang, Sate Padang Pariaman, Sate Kacang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *