Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » cemilan kering » 4 Bentuk Karupuak Sanjai » 4 Bentuk Karupuak Sanjai

4 Bentuk Karupuak Sanjai

(83 Views) Maret 21, 2019 8:12 am | Published by | No comment

Karupuak sanjai terbuat dari singkong. Singkong diiris tipis dan digoreng. Karupuak sanjai merupakan nama yang dikenal sebagai oleh-oleh khas dari Bukittinggi (dari Minang). Jika disebut karupuak sanjai maka yang terbayang adalah kerupuk yang diiris berbentuk bulat atau memanjang. Padahal, masih banyak bentuk karupuak sanjai selain bentuk bulat dan memanjang, misal berbentuk lidi dan dadu (dengan ukuran 2 cm x 2 cm dan 1 cm x 1 cm).

Bentuk bulat dan panjang, digunakan sebagai camilan. Karupuak sanjai ini ada yang diberi cabe merah dan sedikit gula pasir, ada yang tidak, rasanya lebih gurih. Saat ini, bentuk yang sering dijual, karupuak sanjai berbentuk bulat. Karupuak sanjai yang berbentuk panjang (singkong diiris memanjang) hanya dijual oleh penjual oleh-oleh tertentu. Kemungkinan bentuk ini jarang dijual karena alasan kepraktisan. Bentuk memanjang tidak dapat dijual dalam ukuran 250 gr, harus dijual minimal dalam ukuran 500 gr.



Karupuak sanjai dengan bentuk dadu dan bentuk lidi, biasa digunakan dalam menu masakan. Karupuak sanjai bentuk dadu berukuran 2 x 2 cm digunakan untuk campuran rendang ayam. Sedangkan karupuak sanjai berbentuk lidi ditambahkan cabe merah dan jadi salah satu menu masakan untuk acara pesta pernikahan (baralek) di rumah. Karena fungsi kedua bentuk karupuak sanjai itu tidak sebagai camilan, maka kedua jenis karupuak ini dijual tidak mengunakan cabe merah.

Karupuak sanjai dadu dengan ukuran 1 x1 cm, digunakan untuk camilan, ada dua warna ; warna kuning dan warna merah. Warna kuning berasal dari kunyit dan dilumuri daun seledri goreng, rasanya gurih, sedangkan karupuak sanjai dadu berwarna merah menggunakan cabe merah. Kedua camilan ini dapat ditemukan di warung, di bungkus kecil dan dijadikan jajanan. Harganya murah, satu plastic kecil Rp 1.000,

Kerupuak sanjai berbentuk bulat dan panjang dapat ditemukan di toko oleh-oleh, pasar bawah Bukittinggi, dan pasar atas bagian belakang.
Kerupuak sanjai yang berbentuk dadu dan lidi hanya ada di pasar bawah Bukittinggi, tidak dijual di toko oleh-oleh.
Kerupuak sanjai berbentuk dadu kecil sebagai camilan dapat ditemukan di toko oleh-oleh dan di warung, di pasar bawah juga ada. Sebaiknya beli camilan ini setiap Rabu dan Sabtu ke penjual khusus camilan.



No comment for 4 Bentuk Karupuak Sanjai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *