Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » cemilan kering » 4 Macam Rasa Karupuak Sanjai Bukittinggi » 4 Macam Rasa Karupuak Sanjai Bukittinggi

4 Macam Rasa Karupuak Sanjai Bukittinggi

(94 Views) Maret 21, 2019 8:10 am | Published by | No comment

Dulu rasa karupuak sanjai Bukittinggi hanya ada dua, yaitu rasa original dan rasa balado. Rasa original, singkong yang diiris tipis, digoreng, dan ditaburi garam sedikit. Sedangkan rasa balado, singkong yang sudah digoreng dicampur dengan cabe merah dan sedikit gula, sehingga ada rasa pedas dan manis.

Rasa karupuak sanjai original dan balado biasanya untuk bentuk karupuak sanjai yang diiris tipis bulat. Sedangkan untuk karupuak sanjai balado, bentuk karupuak sanjai yang diiris memanjang. Jenis irisan karupuak sanjai memanjang selalu balado, jarang yang dijual original, tidak balado.



Untuk karupuak sanjai yang berbentuk dadu ada dua tipe. Karupuak sanjai dengan bentuk dadu yang besar, yang digunakan untuk campuran rendang, tidak mempunyai rasa. Sedangkan, karupuak sanjai dengan bentuk dadu yang kecil, yang digunakan untuk camilan ada dua rasa ; rasa pedas dan rasa gurih berwarna kuning. Rasa gurih berasal dari paduan bumbu kunyit, selederi, dan garam. Sedangkan, rasa pedas dari cabe merah.

Rasa karupuak sanjai terus melalukan inovasi, di beberapa toko ada karupuak sanjai dengan cabe hijau dan cabe hijau dengan rasa durian. Karupuak sanjai dengan cabe hijau tidak terlalu pedas. Warna hijau berasal dari cabe hijau dan saya kira ditambahkan zat pewarna makanan berwarna hijau sedikit, karena jika warna hanya berasal dari cabe hijau, warna dan rasanya akan berbeda.

Sedangkan karupuak lado balado hijau dengan rasa duren, wangi dan rasanya duren terasa. Karupuak sanjai ini, hanya dijual di toko-toko tertentu, hasil kreatifitas toko tersebut.

Walau sudah ada inovasi rasa dan warna, tapi karupuak sanjai original (hanya rasa gurih dan garam) dan karupuak sanjai balado, masih menjadi pilihan wisatawan. Kalau ada yang membeli rasa karupuak balado hijau dan rasa duren, sekedar coba-coba.



No comment for 4 Macam Rasa Karupuak Sanjai Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *