Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Cemilan Basah » Bubur Ketan Hitam dan Bubur Kacang Hijau » Bubur Ketan Hitam dan Bubur Kacang Hijau

Bubur Ketan Hitam dan Bubur Kacang Hijau

(82 Views) Maret 21, 2019 6:40 am | Published by | No comment

Bubur ketan hitam dan bubur kacang hijau merupakan camilan minang yang dijual di lapau (warung khas minang). Lapau adalah warung makanan dan minuman ringan di Sumatera Barat yang menjual minuman berupa kopi, teh, dan teh talua. Sedangkan makanan yang dijual ; lontong sayur, bubur ketan hitam dan bubur kacang hijau. Di atas meja ada beberapa camilan lain ; misal godok, gorengan, sala lauk, dan karupuak balado.

Apa beda bubur ketan hitam dan bubur kacang hijau yang dijual di lapau dan yang dijual di warung-warung di Jakarta. Tidak berbeda, bubur ketan hitam ditambahkan santan di atasnya. Di lapau, penjual tidak menambahkan bubur kacang hijau dengan roti tawar, hanya bubur kacang hijau saja. Sedangkan di Jakarta, pembeli dapat meminta roti tawar untuk ditambahkan pada kacang hijau.



Bubur ketan hitam dan bubur kacang hijau selalu berpasangan, tidak ada lapau yang hanya menjual bubur ketan hitam saja atau bubur kacang hijau saja. Kadang-kadang penjual menawarkan apakah, bubur kacang hijau dicampur dengan bubur ketan hitam? Jika bubur ketan hitam dan kacang hijau dicampur, ketan hitam hanya ditambahkan sedikit saja, lebih banyak bubur kacang hijau.

Makan bubur ketan hitam dan bubur kacang hijau sebaiknya di lapau atau di warung, tidak dibawa pulang. Jika dibawa pulang, pisahkan santan dan bubur ketan hitam. Begitu juga jika bubur ketan hitam dan bubur kacang hijau dicampur, pisahkan kedua bubur itu pada saat dibungkus untuk dibawa pulang, agar tidak menyatu. Lebih baik mencampurkan kedua bubur itu pada saat akan dimakan. Bubur ketan hitam dan bubur kacang hijau mengunakan santan, tidak tahan lama. Jika dipanaskan rasanya akan berbeda.



No comment for Bubur Ketan Hitam dan Bubur Kacang Hijau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *