Menu Click to open Menus
Home » Cemilan Basah » Kue Mangkuak Kue dengan cetakan Mangkuk » Kue Mangkuak Kue dengan cetakan Mangkuk

Kue Mangkuak Kue dengan cetakan Mangkuk

(44 Views) Maret 21, 2019 6:39 am | Published by | No comment

Ada beberapa penamaan camilan minang berdasarkan bentuk, jika bentuknya seperti mangkuk, maka disebut kue mangkuk. Salah satu kue mangkuk (kue mangkuak) yang saya suka, dijual di pasa ateh ngarai (pasar atas ngarai) Bukittinggi. Kue ini sangat laku. Kue masih dalam cetakan mangkuk, setiap ada pembeli, penjual akan mengeluarkan kue dari cetakan dengan sendok, dan meletakkannya di atas daun pisang. Jika jumlah kue mangkuk sesuai dengan pesanan, daun ditutup. Kue mangkuak di bungkus dengan daun pisang.

Kue mangkuk terbuat dari tepung beras dan gula merah, di bagian atasnya dilapisi santan berwarna putih dengan sedikit tepung beras agar kental. Santan hanya menutupi kue mangkuk di bagian pinggir, seperti lingkaran, bagian tengah kue tidak tertutup santan. Ukuran kue mangkuk tidak besar, tebal 2-3 cm dan diameter 6-7 cm. Kue mangkuk ini rasanya enak, tapi kalau sudah dibungkus daun pisang dan dibawa pulang, bentuknya tidak beraturan. Kue ini mudah basi, karena terbuat dari santan, untuk itu harus segera dimakan.



Penjual kue mangkuk ada di pasar ateh ngarai dan di pasar bawah, Bukittinggi. Di pasar ateh ngarai (hari Rabu dan Sabtu) penjual duduk di pinggir jalan. Kue mangkuk di letakkan di dalam katidiang (wadah dari bamboo), yang di bagian atasnya dilapisi plastic. Penjual tidak hanya menjual kue mangkuk, tapi juga menjual lepat dan bubua samba sianok (yang sudah dibungkus daun pisang).

Penjual kue mangkuk di pasar bawah agak sulit ditelusuri, yang saya ingat di sekitar penjual sayur-sayuran. Ia duduk menjual kue mangkuk dan beberapa jenis camilan yang lain. Harga kue mangkuk murah, tidak sampai Rp. 2.000, kalau tidak salah, Rp. 5.000 dapat tiga.

Kue mangkuak yang enak ada di pasar ateh ngarai. Penjual kue mangkuk duduk di pinggir jalan. Kue mangkuak yang sama ada di pasar bawah, tapi rasa, tidak seenak kue mangkuak yang di pasar ateh ngarai.



No comment for Kue Mangkuak Kue dengan cetakan Mangkuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *