Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Cemilan Basah » Kue Serabi Manis (Pinukuik) dan Kue Serabi Dengan Kuah Santan (apam) » Kue Serabi Manis (Pinukuik) dan Kue Serabi Dengan Kuah Santan (apam)

Kue Serabi Manis (Pinukuik) dan Kue Serabi Dengan Kuah Santan (apam)

(106 Views) Maret 21, 2019 6:45 am | Published by | No comment

Serabi camilan khas minang ada dua macam ; serabi manis dan serabi dengan kuah santan. Kue serabi manis berbentuk bulat ukuran lebih kecil (diameter 5-6 cm), sedangkan serabi kuah santan lebih besar dan tebal (diameter 10 cm dengan tebal 2-3 cm). Serabi manis lebih dikenal dengan nama pinukuik. Sedangkan serabi kuah santan biasa disebut apam atau apem.

Serabi khas Minang sedikit berbeda dengan serabi Bandung, baik bentuk dan rasa. Serabi Bandung lebih kreatif menyajikan bermacam rasa dan topping, bahan tambahan di atas serabi. Sedangkan serabi Minang tidak mempunyai banyak variasi, hanya terdiri dari dua jenis serabi. Begitu juga warna serabi, hanya putih, berasal dari warna tepung beras. Serabi yang berbentuk kecil ada rasa kelapa parut, sedikit gurih, dan manis.



Karena bentuknya kecil, kue serabi manis selalu dibungkus 2 buah. Cara membungkusnya di dalam plastic ditata ; bagian yang bagus (putih, bagian atas) di letakkan di bagian luar, sedangkan bagian bawah (yang berwarna coklat karena dimasak) disatukan. Serabi manis dan berbentuk kecil ini bisa langsung dimakan.

Serabi yang dimakan dengan kuah santan, mempunyai rasa yang hambar, tidak dapat dimakan langsung, harus dimakan dengan kuah santan yang dicampur gula merah. Masukkan satu serabi ke dalam piring, lalu siram dengan kuah santan, biarkan beberapa saat agar kuah santan menyerap ke dalam serabi, sebelum dimakan.

Serabi manis dapat ditemukan di toko makanan atau toko oleh-oleh di Bukittinggi dan di Jakarta. Kue serabi santan, biasanya tersedia di warung/rumah makan yang menyediakan menu camilan kampiun, karena serabi kuah santan menjadi salah satu camilan campuran bubur kampiun.

Di Jakarta, kedua serabi manis dan kue serabi kuah santan tersedia, di warung Bopet Mini, Bendungan Hilir, Jakarta.



No comment for Kue Serabi Manis (Pinukuik) dan Kue Serabi Dengan Kuah Santan (apam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *