Menu Click to open Menus
Home » Cemilan Basah » Kue Talam Berbahan Dasar Singkong » Kue Talam Berbahan Dasar Singkong

Kue Talam Berbahan Dasar Singkong

(53 Views) Maret 21, 2019 8:04 am | Published by | No comment

Kue talam berarti kue yang terdiri dari dua lapis, ada lapisan putih di bagian atas dan lapisan yang berwarna coklat, hijau, kuning di bagian bawah, sesuai dengan bahan yang digunakan. Kue talam khas Minang, kue talam yang menggunakan bahan dasar singkong. Bagian atas berwarna putih, sedangkan bagian bawah berwarna coklat yang berasal dari gula merah. Sedangkan kue talam yang lain, bagian atas terbuat dari santan sedangkan bagian bawah dari tepung beras atau tepung ketan.

Kue talam singkong, sama dengan kue talam lainnya, terdiri dari dua lapis, lapisan yang paling atas berwarna putih, terbuat dari santan, garam, dan tepung beras sedikit, agar lapisan putih santan mengeras. Sedangkan di bagian bawah terdiri dari lapisan berwarna coklat yang terbuat dari singkong parut, yang ditambahkan gula merah cair. Lapisan yang berwarna coklat; bahan dan cara membuat seperti lepat singkong. Kue talam dicetak di dalam wadah berbentuk segi empat atau bulat dan dipotong-potong berbentuk segi empat atau wajik. Jika dipegang bagian bawah (lapisan yang terbuat dari singkong) agak lengket.



Penjual kue talam mulai jarang di Bukittinggi. Kue ini merupakan makanan rumahan. Terkadang ada penjual kue talam berkeliling di pasar atas Bukittinggi, laki-laki. Ia membawa cetakan kue talam berbentuk bulat dan tipis. jika ada pembeli, ia akan membuka cetakan, memotong kue talam sesuai keinginan pembeli. Karena terbuat dari singkong, makan kue talam cukup mengenyangkan.

Kadang-kadang di toko kue di Bukittinggi, ada yang menjual kue talam dalam bentuk potongan. Kue dilapisi plastic.

Di Jakarta saya pernah menemukan kue talam di warung/rumah makan Bopet Mini di Bendungan Hilir, dijual di dalam tempat kue plastic berisi 4 potong kue talam. Di penjual kaki lima di Mesjid Sunda Kelapa, setiap hari Minggu, juga ada penjual kue talam.



No comment for Kue Talam Berbahan Dasar Singkong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *