Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Cemilan Basah » Lemang Jagung » Lemang Jagung

Lemang Jagung

(87 Views) Maret 21, 2019 8:08 am | Published by | No comment

Penjual lemang jagung tidak sebanyak penjual lemang ketan. Penjual lemang ketan lebih mudah ditemukan di pasar bawah dan di pasar pabukoan (pasar pada bulan Ramadhan yang terletak di dekat bioskop Gloria). Malah Warung Pical Sikai menjual menu lemang tape. Salah satu warung yang menyediakan menu lemang tape. Lapau atau warung lain, tidak menyediakan menu ini.

Jika beruntung saya menemukan penjual lemang yang menjual tiga jenis lemang antara lain ; lemang ketan, lemang jagung (berwarna kuning), dan lemang berwarna putih. Lemang ketan dijual dengan tape, lemang tape yang dibungkus dalam plastic kecil. Sedangkan lemang jagung dan lemang yang berwarna putih, tidak dimakan dengan tape, tapi langsung dimakan.



Lemang ketan berbentuk buliran ketan, sedangkan lemang jagung dan lemang yang berwarna putih, tidak berbentuk buliran, teksturnya halus, padat, dan kenyal. Sama dengan membeli lemang ketan, lemang jagung dibeli sesuai dengan keinginan pembeli, misal Rp. 5.000 atau Rp. 10.000. Penjual akan memotong lemang sesuai harga. Lemang dilapisi daun pisang dan jika dibawa pulang, dibungkus daun pisang.

Lemang jagung mirip dengan lepat (lapek) jagung, tapi lemang jagung lebih kering dan kenyal. Proses pengerjaan lemang jagung hampir sama dengan lemang ketan, dimasukkan ke dalam bamboo dan dibakar. Akan tetapi, sebelumnya jagung diparut dan dicampur dengan bahan lain, lalu dibakar. Pada saat memakan lemang jagung masih terasa serat jagung, ini berarti parutan jagung tidak disaring terlebih dahulu. Akan tetapi, saya pernah memakan lemang jagung yang halus dan tidak terdapat serat, rasanya lebih enak.

Penjual lemang jagung dapat ditemui di pasar bawah, Bukittinggi. Penjual merupakan pedagang kaki lima yang berjualan tiap hari Rabu dan Sabtu. Mereka duduk di depan toko dan hanya menjual lemang ketan, lemang jagung, dan lemang yang berwarna putih dalam jumlah terbatas. Mereka berjualan sampai dagangannya habis atau sampai sebelum ashar atau magrib.



No comment for Lemang Jagung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *