Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tip Membeli Dadiah

Tip Membeli Dadiah

(48 Views) Maret 21, 2019 6:51 am | Published by | No comment

Dadiah merupakan fermentasi susu kerbau yang terjadi secara alami, mirip yoghurt, tetapi lebih kental. Dadiah biasa digunakan untuk camilan atau dimakan dengan nasi. Ada juga yang suka langsung memakan dadiah tanpa mencampur dengan gula merah atau ampiang (beras ketan yang pipihkan dan digoreng tanpa minyak).

Dadiah dapat dibeli di Pasar Atas Ngarai tiap Rabu dan Sabtu dan di pasar bawah Bukittinggi. Penjual dadiah, pedagang kaki lima yang duduk di depan toko atau di tangga menuju pasar bawah. Penjual dadiah tidak banyak, terbatas, karena produksi susu kerbau yang juga terbatas.



Tip Membeli Dadiah
1. Harga dadiah tergantung ukuran tinggi dan diameter ruas bambu. Ada dua ukuran yang besar dan kecil, ukuran tinggi antara 20-30 cm, dan diameter 5-8 cm.
2. Tinggi bamboo 20-30 cm, akan tetapi jumlah dadiah yang ada di dalam bamboo itu tergantung dari ruas bamboo yang paling dekat ke bagian atas. Biasanya antara 5-10 cm, sisa bagian bawah, hanya berfungsi untuk tatakan saja.
3. Jika dituangkan isi dadiah dalam tiap ruas bambu tidak banyak, hanya satu mangkok kecil. Kira-kira untuk satu kali makan.
4. Susu kerbau disaring dan dimasukkan dalam wadah bambu (ruas bambu), ditutup dengan daun pisang atau plastic bening. Susu kerbau akan mengeras secara alami, setiap hari. Semakin lama, dadiah semakin keras.
5. Perhatikan daun pisang yang menutup dadiah, jika masih segar, berarti dadiah baru dibuat, biasanya penjual akan menyampaikan ke pembeli bahwa dadiahnya masih baru, masih berair, belum mengental sempurna.
6. Dadiah yang siap digunakan untuk makanan berusia 2 hari. Jika, berusia 1 hari, masih terlalu lembut dan sebagian susu belum mengental sempurna.
7. Lebih dari 4 hari, dadiah akan mengental dan padat.
8. Jika sebagian daun pisang sudah mengering berarti dadiah sudah terlalu padat. Perhatikan bagian dalam dadiah jika sebagian dadiah sudah terlepas dari bamboo dan bagian atas berwarna kuning, sebaiknya tidak dibeli.
9. Jika dadiah sudah mengental tapi masih terlihat segar, harus segera dimakan.
10. Untuk memperlambat fermentasi, dadiah dapat dimasukkan ke dalam kulkas.



No comment for Tip Membeli Dadiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *