Menu Click to open Menus
Home » cemilan kering » Kacang Tojin Dan Kacang Balado » Kacang Tojin Dan Kacang Balado

Kacang Tojin Dan Kacang Balado

(42 Views) Mei 21, 2019 8:11 am | Published by | No comment



Ada dua camilan yang terbuat dari kacang tanah. Satu bernama kacan tojin, kacang tanah yang dikupas kulitnya, digoreng, dan ditaburi bawang merah dan seledri goreng, sehingga baunya wangi. Sedangkan kacang balado, kacang yang tidak dikupas kulitnya, digoreng dan diberi cabe yang dicampur dengan sedikit gula.

Kacang Tojin dapat ditemui di warung dan di lapaudengan plastic kecil dengan harga Rp.1.000 atau Rp. 2.000, merupakan camilan sambil minum teh dan kopi. Kacang tojin merupakan camilan yang disediakan untuk camilan khas Lebaran, dengan kue kering, dan kue sapik. Kacang tojin banyak dijual pada saat lebaran.

Di Bukittinggi, jarang atau malah tidak ada kacang mete untuk camilan Lebaran, karena jenis kacang ini jarang dan harganya mahal.



Kacang Balado dibungkus dalam plastic kecil ukuran 4 x 5 cm, dibentuk pipih, karena kacang balado bercampur dengan gula putih, sehingga agak lengket. Toko camilan ada yang menjual kacang balado dalam ukuran besar berharga Rp. 30.000. Saya lebih suka membeli kacang balado dalam ukuran kecil, karena sekali makan langsung habis. Jika dalam ukuran besar, jika tidak habis harus ditutup rapat agar tidak layu. Kacang balado lebih mudah layu dibanding kacang tojin, karena cabe yang menempel pada kacang.

Di pasar bawah, distributor camilan juga menjual kacang balado. Mereka menjual kacang balado dalam plastik besar yang terdiri dari 10-20 kacang balado dalam plastic-plastik kecil. Kacang balado ini biasa dijual di warung. Kacang balado tidak dijadikan camilan saat lebaran, hanya kacang tojin. Harga kacang balado dalam plastic kecil Rp.2.000 dan Rp.5.000.

Dalam memilih kacang tojin harus dicoba terlebih dahulu, penjual biasanya membolehkan pembeli mencoba segengam kecil untuk mencoba rasanya. Kacang tojin yang baik yang garing, bumbu (garam dan bawang putih) terasa, dan tidak keras. Kacang tojin dapat dibeli dalam ukuran ½ kg dan 1 kg.



No comment for Kacang Tojin Dan Kacang Balado

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *